HOT NEWS

METODA PELAKSANAAN PEKERJAAN PONDASI BORED PILE PADA TAHAP PERENCANAAN PELAKSANAAN

Pondasi bored pile adalah pondasi tiang yang pemasangannya dilakukan dengan mengebor tanah lebih dahulu. Jenis pondasi bored pile banyak digunakan pada proyek konstruksi. Pelaksanaan pondasi bored pile yang dipilih disesuaikan dengan jenis tanah, kondisi medan serta metode konstruksi yang terpilih. Metode konstruksi merupakan penjabaran tata cara dan teknik-teknik pelaksanaan pekerjaan yang merupakan inti dari seluruh kegiatan dalam sistem manajemen konstruksi. Untuk itu menarik dilakukan kajian bagaimanakah metode pelaksanaan pondasi bored pile pada tahap perencanaan pelaksanaan pada proyek Pembangunan suatu bangunan.


Tahap perencanaan pelaksanaan merupakan kegiatan yang penting guna memberikan gambaran lebih rinci tentang strategi dan teknik pengerjaan secara efisien dan efektip baik dari segi waktu,mutu dan biaya. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah melakukan kajian mengenai metode pelaksanaan pondasi pada tahap perencanaan pelaksanaan. Sehingga dapat memberikan sumbangan dalam pengembangan ilmu pengetahuan tentang penerapan teori metode pelaksanaan pondasi bored pile dan merupakan informasi bagi mereka yang tertarik dengan penelitian selanjutnya. Berdasarkan hasil kajian bahwa pada pekerjaan persiapan diawali dengan penentuan titik pusat pile dan penempatan alat bored pile.

Sebuah proyek adalah usaha yang komplek,tidak rutin yang dibatasi oleh waktu,anggaran, sumber daya, dan spesifikasi kinerja yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan (W.Lar, 2006). Proyek konstruksi merupakan suatu rangkaian kegiatan yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan tertentu(bangunan/konstruksi) dalam batasan waktu, biaya dan mutu tertentu. Proyek konstruksi selalu memerlukan resources (sumber daya) yaitu man (manusia), material (bahan bangunan), machine (peralatan), method (metode pelaksanaan), money (uang), information (informasi), dan time (waktu).

Metode konstruksi adalah penjabaran tata cara dan teknik-teknik pelaksanaan pekerjaan yang merupakan inti dari seluruh kegiatan dalam sistem manajemen konstruksi. Metode juga merupakan kunci untuk dapat mewujudkan seluruh perencanaan menjadi bentuk bangunan fisik (Dipohusodo, 1996). Dalam pelaksanaan pembangunan yang menerapkan metode konstruksi dengan inovasi teknologi, meliputi rangkaian kegiatan dan urutan kegiatan pembangunan yang dipadukan dengan persyaratan kontrak (gambar, spesifikasi, pile driving analyzer (PDA) dan load cell, menyatakan terdapat perbedaan antara hasil dukung dari perhitungan manual dengan hasil daya dukung dari PDA dan/atau load cell.

Berdasarkan studi yang telah dilakukan tersebut baik mengenai analisis yang gunakan dengan berbagai metode maupun perhitungan produktivitas pondasi bored pile. Maka menjadi menarik untuk dilakukan kajian bagaimanakah metode pelaksanaan pondasi bored pile pada tahap perencanaan pelaksanaan pada proyek pembangunan suatu bangunan.

Kelebihan Pondasi Bored Piled

Ada beberapa keuntungan dalam pemakaian pondasi bored pile jika dibandingkan dengan tiang pancang, yaitu:

1. Pemasangan tidak menimbulkan gangguan suara dan getaran yang membahayakan bangunan sekitarnya.

2. Mengurangi kebutuhan beton dan tulangan dowel pada pelat penutup tiang (pile cap). Kolom dapat secara langsung diletakkan di puncak bored pile.

3. Kedalaman tiang dapat divariasikan.

4. Tanah dapat diperiksa dan dicocokkan dengan data laboratorium.

5. Bored pile dapat dipasang menembus batuan, sedang tiang pancang akan kesulitan bila pemancangan menembus lapisan batuan.

6. Diameter tiang memungkinkan dibuat besar, bila perlu ujung bawah tiang dapat dibuat lebih besar guna mempertinggi kapasitas dukungnya.

7. Tidak ada risiko kenaikan muka tanah.

Kekurangan Pondasi Bored piled

Kerugian menggunakan pondasi bored pile, yaitu:

1. Pengecoran bored pile dipengaruhi kondisi cuaca.

2. Pengecoran beton agak sulit bila dipengaruhi air tanah karena mutu beton tidak dapat dikontrol dengan baik.

3. Mutu beton hasil pengecoran bila tidak terjamin keseragamannya di sepanjang badan bored pile mengurangi kapasitas dukung bored pile, terutama bila bored pile cukup dalam.

4. Pengeboran dapat mengakibatkan gangguan kepadatan, bila tanah berupa pasir atau tanah yang berkerikil.

5. Air yang mengalir ke dalam lubang bor dapat mengakibatkan gangguan tanah, sehingga mengurangi kapasitas dukung tiang.

6. Akan terjadi tanah runtuh jika tindakan pencegahan tidak dilakukan, maka dipasang temporary casing untuk mencegah terjadinya kelongsoran.

Penentuan Metode Pelaksanaan Pekerjaan.

Tahap pertama sebelum memulai suatu pelaksanaan proyek konstruksi, harus ditentukan terlebih dahulu suatu metode untuk melaksanakannya. Dalam skala organisasi suatu proses perencanaan pelaksanaan proyek konstruksi, sangatlah penting untuk menentukan metode konstruksi terlebih dahulu, karena setiap jenis metode konstruksi akan memberikan karakteristik pekerjaan berbeda. Penentuan jenis metode konstruksi yang dipilih akan sangat membantu menentukan jadwal proyek. Menentukan metode konstruksi yang tepat dalam suatu proses produksi. Menyempurnakan penggunaan metode pelaksanaan dengan cara mengeliminasi kegiatan yang tidak diperlukan, mengoptimalkan penggunaan pekerja, alat dan material. Meningkatkan produktivitas dari suatu kegiatan.Setiap metode yang dipilih untuk digunakan dalam melaksanakan proyek konstruksi harus diyakinkan mengenai manfaat dan efisiensinya (Ervianto, 2005).

Dokumen Metode

Dokumen yang mendukung dalam metode pelaksanaan proyek:

Gambar perencanaan

Gambar perencanaan adalah gambar yang dihasilkan dari pemikiran para perencana seperti arsitek, engineer struktur, mekanikal dan elektrikal. Gambar perencanaan merupakan visualisasi ide dari para perencana yang digunakan sebagai alat komunikasi kepada owner, untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan owner. Dalam hal ini gambar perencanaan seringkali mengalami banyak perubahan hingga sampai pada tahap yang disepakati bersama. Namun gambar ini, menjadi arah yang jelas untuk membuat gambar tender, yang lebih detail dan teknis, sebagai acuan pada tahap tender. Karena itu dalam penilaian untuk menentukan pemenang tender, penyajian metode pelaksanaan pekerjaan mempunyai ‘bobot’ peniliaian yang tinggi. Yang diperhatikan bukan rendahnya nilai penawaran harga, meskipun kita akui bahwa rendahnya nilai penawaran merupakan jalan untuk memperoleh peluang ditunjuk menjadi pemenang tender/pelelangan (Syah, 2004).

Gambar bantu

Gambar bantu yang dimaksud merupakan gambar-gambar detail yang menjelaskan lebih rinci mengenai desain yang dimaksud. Skala yang digunakan pun seringkali skala-skala yang besar, tebal tipis garis sangat membantu menjelaskan bentuk desainnya dan membuat gambar lebih rapi dan bisa dibaca dengan baik, dan juga bentuk tulisan, penempatannya dan rujukannya.

3. Uraian pelaksanaan pekerjaan.

4. Perhitungan kebutuhan sumber daya.

5. Jadwal kebutuhan sumber daya.

6. Dokumen lainnya. 

Pekerjaan persiapan

Dari hasil kajian didapat komposisi sumber daya pekerjaan persiapan sebagai berikut: Sebelum melakukan pengeboran pondasi bored pile, hal yang dilakukan adalah pekerjaan persiapan, meliputi:

1. Penentuan titik pusat pile

Titik pusat dari pile di survey dan di tandai dengan angker baja. Penentuan titik lubang bor setiap saat harus dilakukan pengecekan berulang kali karena kondisi lahan yang rusak akibat pengeboran. Penempatan alat bor pada posisi yang telah ditentukan, kemudian dilakukan pengecekan posisi vertikal dan horizontal

 

Share this:

 
© JASA BORE PILE MURAH. By MENOREH MEDIA